google sherch counsoul ini dia cara mudah menyembuhkan sakit gigi secara alami - PORTAL KALBAR
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ini dia cara mudah menyembuhkan sakit gigi secara alami

 

berbicara mengenai sakit gigi setiap orang mungkin pernah mengalaminya ,rasa sakit pada gigi tentunya bisa sangat mengganggu aktifitas keseharian ,namun ternyata  cara alami sangat membantu untuk menghilangkan sakit gigi yang dialami 

dikutip dari laman resmi WebMD, di jelaskan penyebab nyeri atau sakit pada gigi memang disebabkan karena adanya kerusakan pada gigi,baik itu pengeroposan pada gigi atau karena jarang membersihkan gigi 

kebersihan pada gigi dan pengeroposan [ada gigi akan menyebabkan infeksi pada gigi dan gusi dan menimbulkan kerusakan fatal hingga timbulnya sakit gigi yang dirasakan terus menerus ketika infeksi berlangsung.


Tak hanya menimbulkan rasa nyeri, sakit gigi juga bisa membuat area rahang membengkak, menimbulkan bau mulut, sakit kepala, hingga demam.

Namun,  tak perlu khawatir. Alih-alih menggunakan obat, ada beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit gigi dan setelah sembuh lakukanlah konsultasi pada dokter sebagai langkah selanjutnya agar infeksi pada gigi tak terulang dan mengakibatkan sakit gigi . Berikut mengutip berbagai sumber cara alami mengibati sakit gigi 

1.Menggunakan  Minyak cengkeh

Sejak zaman dulu, cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh secara efektif mampu mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami di dalam cengkeh akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Anda cukup menyiapkan minyak cengkeh dan bola kapas atau cotton bud. Oleskan minyak dengan bantuan kapas ke area yang terinfeksi. Minyak cengkeh juga bisa dilarutkan dengan minyak penyerta seperti minyak zaitun. Setetes minyak cengkeh dan segelas air pun bisa menjadi obat kumur di sela pengobatan secara topikal.

2. menggunakan air teh peppermint untuk mengompres bagian bagian yang mengalami sakit gigi 

Selain kompres dingin dengan es, Anda juga bisa mengompres area gigi yang sakit dengan kantung teh peppermint. Kantung teh yang sudah diseduh sebaiknya dibiarkan dalam suhu ruang hingga tidak terlalu panas, baru tempelkan pada area gigi atau gusi yang bengkak.

3. Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang mampu melawan bakteri secara alami. Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Namun, jika tidak memungkinkan, bawang putih bisa dihaluskan hingga menjadi pasta dan bubuhkan pada area yang sakit.


4. Kompres dingin

Kompres dingin mampu membantu meredakan rasa sakit di area rahang. Suhu dingin akan membuat pembuluh darah mengkerut sehingga rasa sakit berkurang. Kompres ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Namun, jangan mengaplikasikan potongan es langsung pada kulit. Sediakan kain untuk membungkus es dan tempelkan pada area yang bengkak selama 20 menit. Ulangi tiap beberapa jam.

5. Kumur air garam

Kumur-kumur dengan air garam menjadi andalan pertolongan pertama saat sakit gigi. Air garam menjadi desinfektan alami untuk membantu meluruhkan partikel dan serpihan sisa makanan di antara sela gigi. Air garam juga akan membantu mengurangi peradangan dan luka yang timbul di mulut.

Mengutip dari Healthline, Anda cukup mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur setelah menggosok gigi atau tiga kali sehari hingga rasa sakit mereda.

Post a Comment for "ini dia cara mudah menyembuhkan sakit gigi secara alami "